Yamaha V-Ixion

Sabtu, Oktober 18, 2008


JANGAN MENYIMPAN JAS HUJAN DI BAGASI & LEPAS FILTER UDARA

Wacana baru buat pemilik Yamaha V-Ixion. Perhatian untuk menempatkan jas hujan, jangan sampai disimpan di bawah jok. Sebab, secara tak langsung akan menghambat masuknya udara yang masuk ke box filter. Ingat, pada karbu V-Ixion dilengkapi dengan Modulated Air Quantity Sensor (MAQS), dan terbagi :
1. Throttle Position Sensor (TPS)
2. Intake Temperature Sensor (ITS)
3. Intake Air Pressure Sensor (IAPS)

Nah dengan terhambatnya udara yang masuk, maka IAPS akan membaca debit udara yang masuk berkurang. Secara otomatis data itu disampaikan ke Electronic Control Module dan selanjutnya memerintahkan injector untuk menyemprot bahan bakar dengan debit yang lebih sedikit. Dengan begitu kondisi motor saat stationer tidak bisa langsam. Bisa hidup pun dipakai jalan tidak lancar.Melepas box filter juga termasuk pantangan, karena juga akan mempengaruhi IAPS. Dan tekanan udara yang masuk akan dibaca terlalu banyak, padahal tekanan yang dihasilkan rendah.
Debit bensin dari injector jadi berlebihan, dan bertolak belakang dengan kecepatan motor. Kondisi seperti itu akan menghasilkan putaran mesin yang tak bisa langsam alias brebet.
Read More…

0 komentar: